Menambah Keterampilan dan Penghasilan dari Kerudung

Posted by


KOMPAS.com - Berkerudung menjadi pilihan penampilan banyak perempuan muslim di Indonesia. Perempuan berkerudung juga ingin tampil gaya di segala suasana. Tak hanya dalam penampilan harian, namun juga di hari istimewa seperti pernikahan.

Butuh keterampilan memakai kerudung dengan gaya yang berbeda di setiap suasana ini. Jangan meragukan diri Anda jika ingin memiliki keterampilan memakaikan kerudung dengan berbagai gaya, terutama untuk penampilan diri sendiri. Anda bisa belajar memakai kerudung dengan aneka gaya melalui kursus kerudung.

Label kerudung Square memberikan wadah bagi perempuan yang ingin belajar berkerudung, memakaikan kerudung untuk keperluan bisnis tata rias dan busana pengantin muslim, atau mereka yang ingin tampil berbusana muslim dengan gaya kerudung modis, modern, sesuai syariat.

Square didirikan oleh desainer dan pengusaha perempuan, Irna Mutiara,  Tia Wigati, Dewi Novianty, dan Aju Isni Karim. Tak hanya menjual aneka kerudung di butik Square di Bintaro sektor 9, Tangerang Selatan, para perempuan yang berbisnis di bidang fashion ini juga membuka kursus memakai kerudung.

Isni menjelaskan, kursus kerudung di Square terbagi menjadi kelas basic, intermediate, dan proffesional atau wedding.

Kelas basic biasanya untuk individu yang ingin mengenakan kerudung dengan aneka gaya tidak lebih dari lima menit. Sedangkan kelas intermediate memberikan keterampilan berkerudung setingkat lebih mahir untuk keperluan bisnis. Dan kelas proffesional ditujukan untuk para penata rias, yang juga seringkali memakaikan kerudung untuk pengantin muslim.

"Kelas basic biasanya untuk orang yang baru belajar berkerudung. Banyak orang yang merasa tidak cantik dengan berkerudung. Namun jika mereka tahu cara berkerudung yang gaya, juga menyesuaikan dengan warna kulit, berkerudung akan lebih nyaman," jelas Isni kepada Kompas Female di Tangerang beberapa waktu lalu.

Kursus level dasar ini hanya memerlukan waktu tiga jam. Setelahnya, Anda bisa memahami keterampilan dasar berkerudung sesuai dengan kepribadian. Biayanya, Rp 100.000-200.000 per tiga jam. Isni sebagai pengajar, membatasi satu kelas diikuti 7-10 peserta.

Kursus kerudung untuk bisnis
Keterampilan mengaplikasikan kerudung untuk diri sendiri dan orang lain juga memberikan celah bisnis. Terutama bagi Anda yang saat ini berprofesi sebagai penata rias pernikahan yang biasanya juga memakaikan busana pengantin.

Keterampilan aplikasi kerudung untuk busana pengantin muslim juga perlu dikuasai pebisnis tata rias pengantin. Kebutuhan akan busana pengantin tinggi, tak hanya di Indonesia.

Isni menyebutkan, kursus kerudung Square juga diikuti peserta dari Singapura. "Mereka non muslim, namun ingin belajar cara memakaikan kerudung untuk memenuhi permintaan tata rias dan busana pengantin untuk perempuan berkerudung di negaranya," ungkap Isni.

Untuk kelas intermediate, kursus dilakukan tiga jam, dengan biaya Rp 200.000-500.000. Bedanya dengan level basic, pada tahapan ini, Anda harus membawa model. Karena level ini mengajarkan Anda memakaikan kerudung kepada orang lain, bukan untuk diri sendiri.

Biasanya kelas intermediate diikuti oleh pemilik salon, pebisnis jasa pernikahan, atau pemilik toko busana muslim, kata Isni.

Sementara kelas yang lebih mahir lagi adalah level proffesional. Kursus kerudung level proffesional biasanya ditujukan untuk mereka yang fokus berprofesi di bidang tata rias dan fashion, terutama terkait jasa pernikahan.

Untuk kursus kerudung level ini, sediakan biaya Rp 750.000 sampai satu juta untuk lima jam. Bagi Anda yang terbiasa merias pengantin tradisional, melalui kursus ini, Anda bisa menyesuaikan aplikasi kerudung dengan adat istiadat dalam konsep pernikahan tradisional.

Mengapa kursus penting?
Keindahan busana pengantin, terutama untuk perempuan berkerudung, bergantung  bagaimana keterampilan penata riasnya. Jika Anda ingin memberikan kualitas lebih dalam bisnis jasa pernikahan yang semakin kompetitif, Anda perlu memberikan yang terbaik kepada pelanggan.

Isni mengatakan, kebutuhan pengantin berkerudung yang kerap tak terpenuhi adalah tampil cantik, elegan, dan tetap gaya. Kursus berkerudung di bawah arahannya, mengajarkan penata rias dan busana untuk memelajari berbagai hal seputar kerudung dan pemakainya.

"Kursus kerudung bukan hanya belajar styling," kata Isni, menambahkan dalam kursus juga diajarkan teknik berkerudung yang efisien, kemudahan, kerapihan, kenyamanan.

Gaya berkerudung perlu menyesuaikan warna kulit si pengguna kerudung, karakter personalnya, hingga bahan kerudung. "Gaya berkerudung juga disesuaikan dengan bahan kerudung itu sendiri," katanya.

Bahkan penampilan pengantin berkerudung juga dipengaruhi kesesuaian antara gaya kerudung dan make up. Semua hal ini dipelajari dalam kursus kerudung di Square, dan bisa menambah keterampilan untuk mengembangkan bisnis Anda di bidang jasa.


Blog, Updated at: 12:27 PM

0 comments:

Post a Comment