Below Cepek: Semua Harga di Bawah Rp 100 Ribu


KOMPAS.com - Dalam menjalankan usaha, termasuk bisnis online, sudah pasti ada keharusan untuk menawarkan suatu hal yang unik, baik itu berkaitan dengan barang yang dijual maupun strategi pemasaran untuk menarik pembeli.  Adalah Below Cepek, sebuah toko online di Multiply, yang menawarkan beragam pakaian wanita bergaya kasual, yang sejak awal sudah menerapkan strategi harga yang menggiurkan: semua barang yang dijual memiliki harga yang masuk akal, semuanya di bawah Rp 100.000.

Bagi Dona Riana Bismarak, 35 tahun, sang pemilik label pakaian yang bernaung di bawah perusahaan bernama PT Fortuna Adi Busana ini, Below Cepek merupakan bisnis yang penuh dengan idealisme. “Ini adalah salah satu cara untuk memajukan produk Indonesia di tengah banyaknya serbuan produk dari Bangkok, Korea, dan Cina. Tak hanya itu, barang-barang dengan merek luar biasanya dijual dengan harga jauh lebih mahal dibandingkan produk Below Cepek, yang kualitasnya bahkan lebih bagus,” ungkap lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid tersebut.

Dirintis pada Juni 2011, toko online Below Cepek menawarkan beragam jenis pakaian wanita, mulai dari atasan trendi, jumpsuit, celana, rok, dress, dan masih banyak lagi.  “Below Cepek itu asli Indonesia, bahan bakunya dari Indonesia, diproduksi di Indonesia, dan dipasarkan di Indonesia,”  tuturnya.
Kualitas produk yang ditawarkan di Below Cepek pun jauh di atas barang-barang impor dari Bangkok, Korea, dan Cina. Ini benar-benar produk lokal. Dibuat, didesain, dan diproduksi di dalam negeri, oleh anak negeri. Idealisme untuk memajukan produk Indonesia memang benar-benar ditanamkan oleh Riana. Produk lokal harus bagus dan tidak perlu mahal, begitu kira-kira yang ada di kerangka pemikirannya. Ketika ditanya positioning Below Cepek dalam tatanan bisnis online di negeri ini, di dalam kategori Clothing, Riana menjawab bahwa Below Cepek didesain untuk menawarkan produk Indonesia yang berkualitas dengan harga di bawah Rp 100.000.

“Saat ini produk terlaris dari Below Cepek adalah blus dan celana.  Yang pasti, Below Cepek akan mengikuti tren yang ada, namun dengan desain yang lebih bisa dipakai oleh orang Indonesia secara umum, “ ujar perempuan yang sehari-hari bekerja sebagai Corporate Director of Sales & Marketing di PT Fantasia Utama Nuansa tersebut.

Berhubung produk lansiran Below Cepek memiliki kualitas prima dengan harga yang terjangkau, tidak jarang Riana menerima "lamaran" dari berbagai pihak untuk menjadi reseller.  “Kami membuka peluang bagi pihak luar untuk turut menjual produk kami.  Untuk setiap pembelian lima buah, Below Cepek akan memberikan potongan harga sebesar Rp 5.000 untuk setiap unit pakaian.  Kami tidak mengharuskan reseller untuk membeli produk yang sama dalam jumlah besar, boleh dicampur sesuai selera,” jelas Riana.

Salah satu yang unik dari Below Cepek adalah program promo mereka yang sudah sedemikian detailnya. Dalam waktu dekat, brand ini akan melakukan roadshow di perkantoran dan melakukan peragaan busana untuk lebih bisa dekat dengan para calon pelanggan. Apakah nantinya Below Cepek juga akan berekspansi ke ranah pakaian laki-laki?
“Sampai saat ini belum tahu, karena membuat koleksi laki-laki adalah tantangan baru yang butuh konsentrasi penuh dan kerja keras,“ jawab penggemar nyanyi yang beberapa waktu lalu sempat merilis single perdananya, “Takkan Pernah”.

Bagi perempuan kelahiran Jakarta tersebut, bisnis Below Cepek yang sedang dijalankannya bukan bisnis main-main. Ketika ditanya berapa modal awalnya, dengan singkat ia menjawab, 100 juta rupiah. Tentunya ini sudah dihitung dari pengadaan material, produksi barang, sampai dengan pengelolaan kantor dan karyawan. Bagi Riana, awareness dari pembeli dan  mengetahui bahwa produk yang mereka beli itu semuanya produk Indonesia dan tidak mahal, merupakan satu keuntungan yang ia dapat disamping keuntungan material.  Merunut pada Below Cepek, untuk tampil gaya tak harus mahal. “Be a smart shopper!” ujar Riana menutup pembicaraan.
Klik di sini untuk melihat galeri foto Jakarta Fashion Week 2012:
Koleksi Danar Hadi
Koleksi para selebriti di sesi Grazia Glitz & GlamKoleksi desainer Singapura Ashley Isham


Sumber: Multiply
 

Related product you might see:

Share this product :

+ comments + 1 comments

May 28, 2014 at 2:05 AM

Yuk ikutan kelas online bersama Riana Bismarak, founder belowcepek.com yang akan bercerita pengalamannya membangun usaha dan tentu saja tips and trik untuk bisnis online shop kamu.

Kunjungi : http://goo.gl/ky7tVL GRATIS!

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. GROSIR TAS MURAH BANDUNG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger